KEPALA TIGA

Tak terasa saya akan segera berusia kepala tiga — tahun depan jika umur panjang. Jika rata-rata umur manusia 60 tahun berarti sudah setengah usia saya jalani.

Di usia yang tidak muda lagi ini, beberapa hal yang saya rasakan:

1. I do what I do

Apa yang saya lakukan dalam kehidupan sepenuhnya karena keputusan saya dan bukan karena desakan orang lain, toh yang akan merasakan resiko dan hasilnya saya sendiri.

Jika sebelumnya masih terpengaruh oleh orang tua, teman-teman dan lingkungan, sekarang tidak lagi. Tentu saja tetap mempertimbangkan saran-saran orang terdekat, tapi keputusan akhir tetap saya yang memutuskan. Yang perlu ditunjukkan bahwa apa pun yang kita lakukan adalah atas dasar kebaikan dan bertanggung-jawab.

Hidup jangan kita habiskan untuk meraih mimpi orang lain.

2. Not afraid of mistakes

Usia dua puluhan itu masih idelis. Cenderung perfeksionis. Tujuan yang ideal harus tercapai lalu akibatnya takut melakukan kesalahan. Jika melakukan kesalahan terlalu dirasakan.

Belakangan saya menyadari, sebanyak apa pun pengalaman seseorang, ia tak akan sempurna. Bagi siapapun, hidup adalah pelajaran.

Jadi berusahalah yang maksimal, ambil resiko. Jangan terlalu takut salah, karena dari kesalahan itu kita belajar

3. Family is number one

Jika di usia muda saya banyak waktu untuk bekerja, lembur dan kerja di akhir pekan, sekarang tidak lagi.

Sepenting apapun pekerjaan, keluarga yang lebih penting. Jadi saya berusaha kerja yang efektif dan efisien. 

Lesa working time, more productivity.


Selamat tiga puluh, tom!

Leave a Reply

