TURN 30

Kamu mungkin juga punya bayangan, pada usia 30 akan menjadi seperti ini, lalu usia 40 menjadi seperti itu dan seterusnya.

Usia saya sudah mendekati tiga puluh. Padahal seperti baru kemarin saja ulang tahun yang keduapuluh lima. Waktu itu saya di Cepu. Lalu ulang tahun keduapuluh enam, saya di Jepang. Sebelumnya masih bisa dapat diskon JR pass karena usia masih dua puluh lima. Lalu tau-tau sudah ulang tahun kedua puluh tujuh, saya sudah kembali ke Bogor.

Ingin rasanya abadi di usia 25-27, usia yang menurut saya muda, golden age. Walaupun orang bilang, age is just a number. Tapi kalau sudah sudah kepala tiga, gimana gitu.

Jadi saya anggap saja diri saya sudah tiga puluh sekian tahun. Daripada nanti terkaget-kaget waktu ulang tahun tau-tau sudah kepala tiga. Jadi saya anggap diri saya sekarang ini 3x tahun dan berusaha berperilaku sebagaimana orang dalam usia tiga-puluhan dalam bayangan saya.

Saya cukup bangga dengan apa yang saya lakukan di usia 20-30 ini. Usia seperti ini adalah masa-masa penuh semangat, menyerap ilmu apapun dan melakukan yang terbaik, beyond expetation. 20s can do better than 30s or 40s. Lalu usia 30s bisa melakukan breakthrough. Dan usia 40s adalah puncaknya. Life start at 40.

Leave a Reply

