SUNDAY AFTER-NOON

Minggu siang. Jam di dinding menunjukkan hampir pukul dua. Saya duduk di teras depan. Udara di luar panas. Angin bertiup semilir. Jalan di depan rumah lengang. Orang-orang mungkin di dalam rumah, tidur-tiduran di kasur, menonton televisi, berkumpul dengan keluarga, atau apalah, yang pasti tidak melintas di depan tempat tinggal saya.

Minggu siang. Waktu yang aneh, seakan-akan waktu berhenti. Seramai apapun Minggu paginya, Minggu siang akan lengang. Lengang seakan-akan memang kodrat Minggu siang itu lengang. Coba tengok lapangan Sempur di Minggu pagi? Berjalan lurus saja sulit. Cari duduk saja bingung. Tapi Minggu siang? Not even a soul. Di lapangan depan tempat tinggal saya Minggu pagi kemarin ada acara ramai sekali. Ada walikota Bima Arya berpidato, bahkan Syahrini pun turut meramaikan. Sorak-sorai lagu didendangkan sampai suaranya terdengar satu kelurahan. Tapi siangnya? Not even a soul. Hanya satu orang tukang rumput di sudut lapangan dan dua orang anak melamun di sisi yang lain. Tapi mereka bagian dari kelengangan Minggu siang itu juga bukan?

Minggu siang. Berbeda dengan Senin pagi yang rusuh dan terburu-buru. Atau Sabtu siang yang ramai, gerah dan macet. Kata yang cocok untuk menggambarkan Minggu siang: a piece of peace. Sepotong kedamaian. Sepotong kedamaian yang hadir ke dunia ini: dengan langit birunya, awan yang berarak-arak pelan-pelan dan angin yang malu-malu kucing.

Minggu siang. Sama saja seperti dulu sampai sekarang. Sama saja di tempat manapun. Detik demi detik seakan berjalan lebih lambat.

Minggu siang. Jika bisa memilih, mungkin orang-orang akan memilih Minggu siang sebagai waktu terakhir mereka di dunia.

Advertisements
3 comments
  1. oii kalimat terakhirnya lebay bgt melebihi segala kalimat lebay yg pernah kuperbuaat :O

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: