TAK USAH = USAH #selasabahasa

I’m back!! Setelah seminggu ini vakum menulis, akhirnya di Selasa pagi yang cerah ini ada sedikit waktu.

Kali ini saya ingin membahas salah satu fenomena yang aneh. Tapi sebelumnya saya ingin sedikit membahas artikel hipwee ini. Kemarin saya membaca artikel ini, ada beberapa yang menurut saya kurang tepat:

Wacana. Kata “wacana” menurut saya tidak salah dalam penggunaanna. Kita sering bilang, ah cuma wacana aja nih! artinya ide tersebut memang hanya sebatas di omongan atau tulisan, belum dimulai secara nyata. Selalu ada cuma atau hanya atau saja dalam penggunaan wacana, jadi penggunaannya menurut saya benar.

Normatif. Normatif memang tidak berarti buruk, tapi cenderung normal. Ah, pidato presiden ini normatif!! itu memiliki makna negatif karena yang diinginkan khalayak bukan yang normal-normal saja, tetapi ingin sesuatu yang baru, menggebrak dan berdampak langsung pada masyarakat.

Nah, sekarang mari kita membahas topik utama dalam tulisan ini. Kali ini saya membahas tentang frase “tak usah”. Ini berbeda dengan kesalahan umum pada penggunaan kata “acuh”, “seronok” atau “bergeming”.

Mari kita lihat KBBI:

——

usah v 1 perlu: tak –; perkara makanan tidak — dikatakan lagi; 2 Mk tidak usah; jangan: sebab itu, pulanglah engkau — merintangi aku berangkat; — khawatir, malam ini juga Abang kembali;

usah·kan 1 jangankan: ~ menyilakan duduk, menegur pun tidak; 2 daripada: ~ belajar, pergilah ia menonton bioskop

——

Kita lihat makna pertama. “Usah” berarti perlu, sehingga “tidak usah” berarti “tidak perlu”. Namun jika kita lihat makna kedua “usah” berarti “tidak usah”. Ada tulisan mk di sana yang berarti berasal dari bahasa Minangkabau.

Jadi menurut KBBI “usah”=”tak usah”. Ini berkebalikan dengan logika aristoteles: A tidak sama dengan non-A. Tapi ternyata logika tersebut tidak berlaku dalam bahasa Indonesia.

Saya belum menemukan lain, kecuali fenomena yang sama dalam bahasa sunda. “acan” dan “teu acan” punya makna yang sama.

Teman-teman punya contoh lain?

Ini ada lagu bagus yang menggunakan kata usah.

Selasa, selamat berbahasa!!

Leave a Reply

