INFORMATION OVERLOAD

Beberapa tahun yang lalu saya masih suka membaca berita, tapi akhir-akhir ini sudah sangat jarang, malah cenderung menghindari. Hari ini adalah era digital dimana informasi dari belahan dunia lain bisa sampai ke saku kita hanya dalam hitungan detik. Namun kelimpahan informasi ini bisa membuat kita overload (infobesity). Terlalu banyak informasi yang masuk menyebabkan kemampuan kognitif kita bekurang. Dan tanpa filter yang baik banyak sekali remaja yang terjerumus dalam informasi yang tidak benar, menyebabkan perspektif yang bias. (Dan remaja sedang dalam masa pertumbuhan, berbahaya sekali)

Karenanya saya sekarang hanya membuka surat kabar utama, membaca sekilas headline dan beberapa higlight. Menghindari portal-portal berita online, apalagi gosip-gosip murahan. Memfollow hanya akun-akun twitter yang terpercaya. Tentu saya tidak perlu tahu kalau Ivan Gunawan akan melamar Ayu Ting Ting, atau apalah itu kehidupan pribadi Syahrini atau Jennifer Lawrence (barusan buka detik) (Kalau Lawrence, cukuplah lihat aktingnya yang memukau di film, tanpa perlu tau kehidupan pribadinya).

Hal yang lain adalah distraksi. Ponsel pintar  selalu memberi notifikasi yang memecah konsentrasi saat bekerja, menyebabkan produktivitas menurun. Saya hanya menggunakan ipod untuk media sosial, sehingga semua notifikasi (twitter, facebook, path, instagram etc) hanya saya lihat pada waktu istirahat, termasuk bbm dan whatsapp (saya tidak pernah pakai bbm untuk bekerja). Untuk hal-hal urgent saya hanya menggunakan sms atau telepon.

Advertisements
2 comments
  1. fitro said:

    Iya, setelah 2 pekanan tanpa WA dan BBM karena tab rusak, rasanya senang kembali ke pola komunikasi lama 😀

    • Hastomi said:

      jadinya gak datang liqo ya yu gara2 WA mati,, haha 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: