PARALEL

Saya 117 m di atas tanah, memandang ke utara dimana jalur kereta Keiyo line dan jalan tol metropolitan expressway bayshore rout sejajar membantang ke arah Chiba. Lampu-lampu mobil mengalir pelan seperti semut-semut. Kereta listrik terlihat berjalan pelan seperti ulat. Di atas Diamond and Flower Ferris Wheel, bianglala tertinggi di Jepang, saya termenung. Bagaimana rasanya menjadi semut itu atau dalam ulat-ulat itu?

Detik selanjutnya saya menyadari bahwa di waktu yang lain — saat saya naik kereta dari Tokyo menuju apartemen saya di Chiba, atau saat naik bis di jalan tol dari Haneda– saya selalu memandang kerlap kerlip ferris wheel yang berputar perlahan ini dan bertanya dalam hati: bagaimana rasanya ada di atas sana?

Saya melihat diri saya sendiri, hanya saja diri saya yang lainnya berada di waktu yang berbeda.

Mungkin memang manusia hanya bisa merasakan sesuatu “at the moment”, dan lupa (tidak bisa?) merasakan sesuatu di luar itu. Meskipun ada yang disebut dengan ingatan (memory), tapi ingatan hanya sebatas informasi yang tersimpan, dengan samar-samar bayangan apa yang dirasakan pada saat itu. Saya tidak bisa benar-benar marasakan ingatan.

Hal ini mungkin membuat tingkah kita seperti: orang kaya lupa bagaimana rasanya miskin, orang sehat lupa bagaimana rasanya sakit, orang beruntung lupa bagaimana rasanya pailit. Juga sebaliknya.

Waktu yang berjalan cepat –seperti tergesa-gesa – ini membuat kita tidak bisa menggenggam suatu momen apapun. Just feel at the moment. Yang kita genggam saat ini bisa lepas besok. Yang tidak kita miliki sekarang bisa tiba-tiba kita miliki lusa. Jadi tidak ada yang bisa benar-benar kita miliki dan rasakan. Just feel at the moment.

Just feel at the moment.

Lalu saya curiga, jangan-jangan keabadian adalah ketiadaan waktu?

Leave a Reply

