TTS YANG MENYELAMATKAN

Bosan adalah awal dari perilaku menyimpang

Saya lupa mendengar kalimat itu darimana, tapi saya rasa benar adanya. Kalau pernah naik angkot yang di belakangnya ada meja bar, botol vodka setengah isi (yg isinya kemungkinan air keran), lampu-lampu disko murahan, dan sound system yang berdebam-debam, kemungkinan itu semua dipasang karena sang sopir bosan dengan suasana angkot yang begitu saja setiap hari. Maka direlakannya sebagian penghasilannya sebagai supir angkot yang sudah pas-pasan untuk membeli semua barang-barang itu. Tak apalah rokok berkurang asal di mobil tidak bosan, bisa mendengar lagu yang asyik, sambil kepala mengangguk-angguk mengikuti irama.

Karena itu pula dulu bung Karno, Hatta, Sjahrir dan kawan-kawannya dibuang, diasingkan. Karena dibuang membuat manusia menjadi bosan, dan pada tahap selanjutnya rasa bosan itu bisa membunuh jiwa, memupus semangat hidup.

Rutinitas bisa jadi membuat seseorang bosan. Karena setiap hari melakukan hal yang sama ia lama-kelamaan menjadi bosan. Rutinitas yang itu-itu saja membuat orang masuk dalam zona nyaman, lupa akan tujuan, hilang impian, hilanglah gairah. Dan bosanlah ia pada kehidupannya.

Siapa yang bisa selamat dari rutinitas? rasanya tak ada. Kalau saya, supaya tidak hilang gairah, saya selalu berpikir bahwa hal-hal kecil yang saya lakukan setiap hari adalah bagian dari hasil besar yang akan saya capai di tahun-tahun mendatang. Puluhan tahun mendatang. Bosan dan penat tak bisa dihindari, tapi dengan mengingat gambaran masa depan, impian, maka gairah akan muncul dan memupus benih bosan dan penat.

@sureadin: Hidup yg kurang manfaat bagi orang lain, kerap kali dilanda kebosanan”

***

Ibu-ibu di samping kanan saya membunuh rasa bosan dengan mengisi tts (heran juga masih ada buku tts seperti itu. Beli dimana sih?). Mungkin dengan cara itu ia bisa bertahan setiap hari pulang selarut ini.

Dan kereta tak kunjung datang.

Stasiun Cawang, 21 Feb, 23.12.

Advertisements
1 comment
  1. di rumah sakit koass koass jaga malem main TTS kalo ga ada pasien cyin, di tukang koran banyak, tp covernya suka gabaik sih .__.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: