SATU EMPAT PULUH DUA

Waktu-waktu seperti ini –jam di meja menunjukkan pukul 1.42 AM –waktu yang tidak jelas. Tak ada yang tau kapankah sebenarnya batas antara malam dan pagi. Seperti lirik lagu “tidurlah” dari grup payungteduh yang ditulis Amalia Puri: bisa jadi ia disebut malam yang terlalu malam, atau pagi yang terlalu pagi.

Akhirnya malam tiba juga

Malam yang kunantikan sejak awal
Malam yang menjawab akhir kita
Inikah akhir yang kita ciptakan

Dan pagi takkan terisi lagi
Lonceng bertingkah sebagaimana mestinya
Membangunkan orang tanpa membagi
Sedikit asmara untuk memulai hari

Tidurlah
Malam terlalu malam
Tidurlah
Pagi terlalu pagi

Yang mangaggap malam (yang terlalu malam) yaitu orang-orang yang bekerja sampai larut malam seperti orang-orang yang bekerja lembur berjam-jam karena dikejar deadline, atau penjaga minimarket shift malam sampai dini hari. Sedangkan yang mengaggap pagi (yang terlalu pagi) yaitu orang-orang yang mulai bekerja sejak waktu yang sangat pagi, misalnya para pedagang sayur di pasar. Mereka bahkan sudah berangkat kerja saat sebagian besar kita –kelompok ketiga: orang-orang dengan jam kerja dan tidur normal– baru memulai tidur yang nyenyak.

Kedua jenis orang itu mungkin sering berpapasan di jalan dalam kontras: saat yang satu sedang pulang menuju rumah dalam kepayahan dan di saat yang bersamaan yang kedua berangkat menuju tempat kerjanya. Di jalan yang secara filosofis hanyalah antara, bukan asal maupun tujuan, mereka kesepian.

Dari kelompok ketiga pun ada yang menikmati waktu yang sendiri ini. Karena walaupun dzahirnya sepi, tapi katanya malaikat ramai-ramai turun di waktu ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: