RESONANSI

Warga Tokyo berjalan begitu cepat, seakan selalu diliputi rasa cemas. Seakan diburu-buru sesuatu, seakan mengejar-ngejar sesuatu. Seperti di sini, stasiun Tokyo, orang berlalu-lalang penuh ketergesaan. Di sini aku tidak bisa menggunakan gaya berjalanku yang biasa. Aku juga tidak bisa melihat lebih lama mural-mural di dinding stasiun. Tubuhku terdorong dari belakang bagaikan hanyut dalam sungai berarus deras. Aku bertanya dalam hati: Apakah ketergesaan ini nyata? Ataukah memang lazimnya mereka berjalan secepat ini? (sehingga tidak perlu dikatakan tergesa).

Kerumunan manusia ini, yang terburu dan tergesa, menularkan rasa cemas kepada setiap orang yang terjebak di dalamnya. Aku, atau kamu jika suatu saat mampir ke tempat ini, rasanya menjadi gelisah di tengah-tengah kerumunan ini. Ratusan manusia keluar dari satu lorong menuju lorong yang lain, dari bawah tanah dan peron yang bertingkat-tingkat di atas, bertemu di tengah hall stasiun yang luas tanpa saling menyapa. Sesekali salah dua diantaranya saling bertabrakan, namun tak ada waktu untuk berbasa-basi meminta maaf.

Gemuruh derap langkah manusia metropolitan ini memenuhi udara, dipantulkan dinding dan langit-langit, lalu seakan meresonansi setiap detak jantung manusia di sini. Aku yang sangat “Indonesia” berusaha menahan diri untuk tidak bertanya: “Hei, ada apa sih? mengapa kalian semua terburu-buru?”.

Aku menepi, lalu menarik nafas dalam-dalam.

Leave a Reply

