DO YOUR OWN PATH

Pernah baca Kungfu Boy? Pernah dong. Sewaktu Chinmi belajar di Kuil Dairin, pernah datang tamu, salah seorang teman biksu kepala yaitu Guru Soshu dan muridnya Sie Fan. Guru Soshu adalah kakek tua ahli tongkat dan Sie Fan muridnya sebaya usianya dengan Chinmi. Mengetahui bahwa Sie Fan belajar ilmu tongkat dari Guru Soshu, Chinmi yang saat itu baru saja lulus belajar ilmu tongkat dari Riki, mengajak Sie Fan untuk berlatih tanding. Chinmi yang saat itu begitu percaya diri ternyata kalah telak dari Sie Fan.

Chinmi shock karena ia yang sebelumnya tak terkalahkan di Kuil Dairin ternyata bisa kalah telak oleh Sie Fan. Hari berikutnya Chinmi mengikuti Sie Fan latihan dan berusaha mencari tahu latihan macam apa yang dilakukan Sie Fan. Hari pertama Sie Fan berlatih di sungai dan berlatih melubangi batu di dasar sungai. Setelah Sie Fan selesai Chinmi berusaha mengikuti apa yang Sie Fan lakukan, yaitu melubangi batu-batu di sungai. Walaupun awalnya kesulitan, akhirnya Chinmi berhasil melubangi batu walaupun hasilnya tidak sesempurna latihan Sie Fan.

Hari berikutnya Sie Fan berlatih di sungai juga, namun kali ini Sie Fan berlatih  memecahkan batu besar dengan jurus tongkat berpilinnya. Chinmi yang mengintip begitu kaget dan menyerah karena tidak mungkin Ia bisa meniru apa yang Sie Fan lakukan. Saat putus asa itu datanglah Riki dan memberi nasihat kepada Chinmi. Katanya:

Walaupun kamu melakukan hal yang sama dengan Sie Fan, tetap saja itu namanya meniru. Sudah tentu kamu tak akan melebihi kepandaian Sie Fan. Yang penting adalah menemukan cara latihan yang sesuai dengan diri sendiri untuk memperoleh ilmu tongkatmu sendiri.

Chinmi merenungi apa yang dikatakan Riki. Lalu Chinmi berlatih sendiri dan mencari akal bagaimana mengalahkan jurus tongkat Sie Fan. Pada latih tanding ketiga sebelum Sie Fan pulang, akhirnya Chinmi berhasil menandingi Sie Fan dengan hasil seri.

Dari kisah itu kita bisa belajar bahwa untuk mencapai kesuksesan kita tidak bisa mencontek jalan orang lain. Setiap orang itu unik, memiliki potensi yang berbeda-beda. Ada yang pandai berdagang, pandai berhitung, pandai memimpin, pandai bernegoisasi, pandai berakting, dan sebagainya. Setiap orang memiliki jalannya masing-masing untuk sukses.

So, just do your own path!! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: