SARIAWAN (2)

Sariawan adalah salah satu penyakit yang menyebalkan. Rasanya sangat sakit, terutama ketika mulut kering. Mungkin karena memang banyak sekali syaraf di dalam mulut sehingga menimbulkan sakit yang luar biasa ( kasus yang sama juga terjadi pada orang yang sakit gigi). Dalam kasus-kasus tertentu, rasa nyeri ini apabila berlebihan dapat menimbulkan demam bagi penderitanya, bahkan pingsan.

Ngomong-ngomong, saya ini sedang sariawan. Tentu apabila kita sakit, kita tidak boleh mengeluh. Saya tidak mengeluh, saya hanya akan bercerita beberapa hal tentang sariawan ini.

Rasa nyeri pada sariawan sangat terasa pada saat mulut kering. Mulut kering biasanya pada saat bangun tidur, atau akibat dalam waktu beberapa jam mulut tidak makan atau minum. Beberapa orang berusaha mambuat luka sariawan tetap lembap dengan memberi margarin atau odol pada luka sariawannya.

Dampak sariawan ini cukup banyak. Yang pertama adalah sulit untuk makan. Orang yang sariawan kadang kehilangan nafsu makan karena akan terasa nyeri saat makan. Akan sangat menyebalkan apabila kita dihadapkan dengan makanan kesukaan kita namun kita sedang sariawan. Namun biasanya nyeri sariawan ditahan demi merasakan lezatnya makanan kesukaan kita.

Yang kedua sariawan bisa membuat kita sulit untuk tersenyum. Dalam beberapa kasus tersenyum saat sedang sariawan menimbulkan rasa nyeri. Akibatnya kita berbicara secukupnya dan kadang pun lebih mudah marah.

Bagaimana menyembuhkan sariawan?

Yang pertama dibiarkan saja lama-lama akan sembuh sendiri. Secara otomatis tubuh akan menutup luka sariawan dengan sel-sel yang baru. Untuk mempercepat biasanya orang lebih banyak mengkonsumsi vitamin C, buah-buahan, sayur-sayuran, dan banyak minum air putih. Sebagian mengkonsumsi pereda panas dalam seperti larutan penyegar atau adem sari.

Yang kedua adalah dengan merangsang luka sariawan untuk menutup lukanya secara instan. Mekanismenya adalah dengan merangsang luka dengan zat yang sensitif seperti cabai, garam. Dengan dirangsang biasanya luka akan mengeluarkan cairan yang menutup luka. Rasanya sangat nyeri tapi selanjutnya lukanya akan mati rasa dan rasa nyeri menjadi hilang. Bersamaan dengan rasa nyeri itu biasanya keluar air liur yang banyak dan juga air mata.

Ada obat yang bernama abothyle. Satu tetes saja luka sariawan langung tertutup dan sembuh. Jadi konsentrat ini dapat menggumpalkan protein secara spesifik dalam jaringan yang terluka tanpa memberikan pengaruh buruk terhadap jaringan di sekitarnya yang masih sehat. Rasanya memang sangat nyeri. Tapi setelah itu, jeng jeng. Sariawan sembuh!!

Fantastisnya, belakangan keluar produk baru abothyle yang konon tidak menimbulkan rasa nyeri!!

Untuk para pembaca yang sedang sariawan, saya menyarankan untuk menggunakan obat ini, karena setelah menggunakan obat ini Anda dapat makan enak tanpa harus menahan nyeri. Saya lupa harganya, kalau tidak salah di apotek dijual seharga sekitar 30 ribu rupiah.

Semoga lekas sembuh!! : )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: