CILEBUT ATAU BOGOR?

Mas, kok ke stasiun Cilebut sih? Bukannya lebih dekat ke stasiun Bogor?

Kurang lebih begitu, pertanyaan dari para tukang ojek. Beberapa hari lalu tetangga saya yang biasa naik kereta dari stasiun Bogor juga menanyakan hal yang sama.

Awalnya Adin yang menyarakan saya untuk mencoba via stasiun Cilebut. Saya ragu karena sekilas memang dari tempat tinggal saya lebih dekat ke stasiun Bogor, tapi setelah saya hitung sepertinya sebaliknya loh. (Thanks Adin !)

Let’a do the math!

1. Waktu tempuh ke stasiun (dari google map)

Ke Bogor = 17 menit

Ke Cilebut = 26 menit

Beda 9 menit


2. Jalan Kaki

Stasiun Bogor dan Cilebut jauh berbeda dalam jarak jalan kaki dari drop point (angkot, ojek) ke peron.

Bogor = 6 menit

Cilebut = 2 menit
3. Jarak Tempuh Bogor – Cilebut

Ini juga perlu diperhitungkan karena bukan jarak ke stasiun Bogor atau Cilebut, tapi waktu tempuh ke stasiun tujuan.

Waktu tempuh dari stasiun Bogor ke Cikebut sesuai jadwal kereta = 9 menit
Jadi totalnya

Ke Bogor = 17 + 6 + 9 = 32 menit

Ke Cilebut = 26 + 2 = 28 menit

Jadi ke Cilebut bisa hemat waktu 4 menit.

Satu lagi faktor kenapa saya memilih Cilebut: krl kalau mau masuk stasiun Bogor sering sekali antri dan kadang bisa lumayan lama. Jadi efisiensi waktunya bisa lebih dari perhitungan di atas.

Leave a comment

Blog at WordPress.com.